Senin, 24 Februari 2020

SKEMA SAKLAR PADA LAMPU

SKEMA SAKLAR PADA LAMPU



-Panduan Singkat Cara Pasang Saklar Lampu

Listrik dan penerangan dalam sebuah rumah merupakan hal yang paling penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Memelihara instalasi listrik rumah harus diperhatikan dan dilakukan secara berkala. Salah satunya adalah dengan rutin mengganti saklar yang sudah mulai rusak. Akan tetapi, masih ada sebagian dari kita mungkin belum mengetahui cara pasang saklar lampu yang baik dan benar. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab dalam ulasan kali ini, akan dibahas cara pasang saklar lampu yang benar dan apa saja yang perlu disiapkan.

-Cara Pasang Saklar yang Aman

Memasang saklar lampu sepintas terlihat mudah. Akan tetapi, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui dalam memasang saklar yang baik dan benar. Misalnya saja untuk pemasangan saklar ganda maupun saklar tunggal. Berikut beberapa cara pasang saklar lampu yang bisa Anda praktikkan di rumah untuk mendapatkan hasil terbaik.
  1. Sebagai langkah awal, Anda bisa mempersiapkan beberapa peralatan seperti kabel tembaga, fittinglampu, pipa pelindung kabel, box saklar, dan klem pipa. Alat tambahan lainnya adalah tang kombinasi yang tepat, test pen, dan isolasi maupun lakban untuk menyambungkan kabel listrik.
  2. Kemudian, matikanlah sumber listrik di rumah yang ada dalam kWh meter. Anda bisa memastikan aliran listrik sudah mati menggunakan test pen. Jika pada gagang test pen masih menyala dan MCB-nya sudah mati, ini berarti terdapat kebocoran listrik. Maka dari itulah, jangan segera memasang saklar pada kondisi seperti ini. Barulah ketika test pen sudah tak menyala, Anda bisa memulai pembongkaran dan memasang saklar tersebut karena sudah aman.
  3. Langkah selanjutnya, Anda perlu membongkar saklar yang tidak digunakan dengan menggunakan sebuah obeng dan lepas sekrupnya. Lepaskanlah semua kabel pada saklar tersebut. Lalu, ambillah saklar dan tekan pin merah untuk kabel yang masuk dalam saklar dan kabel putih untuk lampunya.
  4. Setelah itu, dalam cara pasang , barulah Anda bisa memasang kabel dari saklar sebelumnya ke saklar lampu yang baru. Kencangkan kabel-kabelnya agar mendapatkan arus listrik yang maksimal. Cobalah untuk menghidupkan lampu dan saklar tersebut. Bila sudah menyala dengan baik, Anda bisa memasang kembali saklar dengan mengencangkan sekrupnya agar semakin rapi pada dinding.

-HAL HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN

  1. Gunakanlah alas kaki saat memasang saklar lampu tersebut. Begitu juga dengan tangan Anda, pastikan dalam kondisi kering untuk menghindari diri dari tersengat arus listrik.
  2. Lepaskanlah kotak sekering dan simpanlah dengan baik selama proses pemasangan agar tidak ada orang yang salah menggunakannya.
  3. Pastikan pula tegangan listrik yang ada di rumah Anda sudah mati dan lakukan pengecekan dengan test pen.
  4. Lalu, Anda pun perlu memastikan bahwa alat yang digunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak guna menghindari adanya korsleting listrik.
Selain hal di atas, yang terpenting dalam cara pasang saklar lampu di rumah adalah selalu waspada. Dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi dan mempersiapkan hal penting lainnya, maka dapat meminimalisir hal buruk yang dapat terjadi nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar