Selasa, 14 April 2020

TEKNOLOGI KONSTRUKSI MINIATUR JEMBATAN

            TEKNOLOGI KONSTRUKSI MINIATUR
1. Konstruksi Jembatan
Salah satu karya terpenting dan tertua dalam dunia konstruksi adalah jembatan. Menurut catatan icomos.org dan historyworld.net, meskipun tahun pembuatannya tidak dicantumkan, jembatan mulai dikenal pada zaman prasejarah. Saat itu, jembatan terbuat dari kayu yang disilangkan,kemudian bagian atasnya ditutup oleh ranting-ranting pohon.
2. Konstruksi Jembatan yang Ada di Dunia
Jembatan tidak hanya memiliki fungsi untuk menghubungkan dua lokasi atau lebih, tetapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, sebuah jembatan juga dapat dijadikan tempat pariwisata karena keindahan konstruksinya
  a) Ponte Vecchio Ponte Vecchio merupakan jembatan tua yang dibuat di abad pertengahan
di atas Sungai Arno, Florence.
  b) Golden Gate Bridge Golden Gate Bridge merupakan sebuah jembatan gantung yang sangat
panjang yang menghubungkan wilayah San Francisco dan Marin County utara
  c) Jembatan Nasional Suramadu
Pembangunan jembatan Suramadu menjadi salah satu bukti berkembangnya teknologi konstruksi di Indonesia
3. Jenis-Jenis Jembatan
Jembatan yang ada saat ini dapat dikelompokkan menjadi berbagai jenis tergantung dasar pengelompokkannya.
a. Jembatan Kayu
b. Jembatan Pasangan Batu dan Batu Bata
c. Jembatan Beton Bertulang dan Jembatan Beton Pratekan
d. Jembatan Baja : Jembatan ini berbahan dasar baja sebagai bahan konstruksi utamanya. Jembatan ini umumnya digunakan untuk jembatan dengan bentang yang panjang dengan beban yang diterima cukup besar.
e. Jembatanan Komposit Jembatan komposit merupakan sebuah jembatan yang dibuat dari perpaduan dua bahan yang sama ataupun berbeda dengan mempertimbangkan sifat kedua bahan tersebut sehingga dihasilkan struktur jembatan yang lebih kuat


  •   Rekayasa Miniature Jembatan

1. Jembatan merupakan sebuah sarana yang dibangun untuk menghubungkan dua atau lebih rentang hambatan fisik seperti sungai, jurang, teluk, lembah, jalan dan lain-lain sehingga dapat digunakan untuk melintas dengan lancar dan aman.
2. Jembatan telah mengalami beberapa perkembangan mulai dari zaman purba, periode romawi kuno, zaman pertengahan, zaman besi dan baja, zaman jembatan gantung, zaman jembatan cable stayed dan zaman jembatan beton.
3. Jembatan dapat dibedakan Dilihat dari bahan utama penyusunnya, yaitu jembatan kayu, jembatan pasangan batu dan bata, jembatan beton bertulang dan beton pratekan, jembatan baja, dan jembatan komposit.
4. Fungsi utama sebuah jembatan adalah untuk menghubungkan dua wilayah yang berbeda. Selain itu, jembatan juga berfungsi untuk membantu manusia melewati rintangan dan dapat dijadikan sebagai tempat pariwisata.
5. Prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan dimulai dari tahap pembuatan rancangan, menyiapkan alat dan bahan, membuat miniatur jembatan berdasarkan rancangan, dan melakukan penyelesaian akhir (finishing).
6. Alat dan Bahan yang Dapat Digunakan :
 1) Penggaris
 2) Gunting dan Cutter,
 3) Kuas serta bahan
 4) Korek Api,
 5) Es Krim
 6) Balok Kayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar